Saatnya Scale Up Bisnismu Bersama BRI di Pengusaha Muda BRILian 2023

- Pewarta

Jumat, 4 Agustus 2023 - 22:25 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI Amam Sukriyanto. (Dok. Bank BRI)

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI Amam Sukriyanto. (Dok. Bank BRI)

INFOEKBIS.COM – Perkembangan sektor bisnis UMKM semakin menggeliat mengingat sektor ini menjadi penggerak utama perekonomian nasional. BRI sebagai bank yang concern terhadap UMKM, senantiasa hadir untuk meningkatkan kapabilitas pelaku usaha di Tanah Air.

Salah satu bukti kehadirannya diwujudkan dalam program Pengusaha Muda Brilian (PMB) 2023. Selain itu, program ini juga merupakan salah satu dukungan BRI dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 untuk menjadi negara maju berpenghasilan tinggi dimana untuk mendukung visi tersebut generasi yang akan mewujudkannya adalah generasi muda sehingga BRI berharap dengan program ini pengusaha muda optimis berperan mencapainya.

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI Amam Sukriyanto menuturkan bahwa melalui program ini, kami berharap dapat memberikan dampak positif dan luas terhadap kemajuan dan pengembangan kapasitas serta kualitas UMKM terutama untuk para pengusaha muda di Indonesia.

Selain itu dalam Press Conference PMB 2023 di Jakarta, 4 Agustus 2023, Amam juga menambahkan harapannya akan tercipta lebih banyak lagi pengusaha-pengusaha muda baru dengan bisnis yang lebih inovatif dan kreatif, yang nantinya dapat menopang dan mendorong ekonomi Indonesia dan sekaligus sebagai dukungan BRI dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 untuk menjadi negara maju berpenghasilan tinggi.

Seperti diketahui, tahun ini merupakan yang ketiga penyelenggaraan PMB di mana program ini telah terlaksana sejak 2020.

Pada tahun lalu, PMB berhasil mendapatkan respons positif dengan jumlah peserta mencapai 1.330 UMKM di 10 titik penyelenggaraan.

Adapun untuk kali ini, BRI menyelenggarakan di 10 titik dengan perubahan 2 kota berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

Perubahan ini merupakan bentuk komitmen BRI untuk terus memperluas jangkauan pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Sebanyak 10 titik di antaranya Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Medan dan 2 titik penyelenggaraan baru yakni Malang dan Bandar Lampung.

Selain itu kategori usaha pada tahun 2023 ini bertambah menjadi empat kategori, yaitu food & beverage, fashion, handicraft dan beauty & health care.

Pendaftaran PMB 2023 dibuka hingga 1 September 2023 melalui https://pengusahamudabrilian.com/. pada tahap awal, BRI akan menjaring 100 UMKM terpilih untuk menjadi peserta.

Sasaran program PMB 2023 ini merupakan pengusaha muda dengan batas usia maksimal 40 tahun, omzet rata-rata per bulan maksimal Rp500 juta dan bisnisnya telah berjalan minimal 2 tahun.

Nantinya, pengumuman 100 peserta yang lolos akan diumumkan pada tanggal 13 September 2023 melalui microsite dan Instagram resmi program @pengusahamudabrilian.

Peserta PMB 2023 yang telah dinyatakan lolos seleksi akan menjalani berbagai rangkaian kegiatan berupa inkubasi bisnis selama 14 minggu, private mentoring, mentor progress review, mentor business visit, demo day final penjurian dan ditutup dengan awarding pada puncak acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR di Desember 2023.

Dalam penyelenggaraan PMB 2023 ini, BRI berkolaborasi dengan BRI Ventures untuk mengakselerasi inovasi dan menambah value.

BRI berkomitmen mendorong peserta untuk meningkatkan kapasitas bisnisnya melalui pendanaan dari BRI Ventures.

Selain berkesempatan mendapatkan hadiah Tabungan BRI BritAma Bisnis, dan mendapatkan pinjaman dengan suku bunga 0%.

Melie Indarto selaku Founder KaIND yang juga Juara 1 PMB 2022 juga menyampaikan, pihaknya telah mendapatkan pelajaran banyak dari PMB.

“Awalnya niat kami bergabung di PMB adalah supaya KaIND bisa belajar sebanyak-banyaknya. Hanya dalam 14 minggu yang luar biasa, kami ternyata tidak hanya bertumbuh dari segi omzet tetapi mampu berjuang dengan fokus yang lebih besar dan tujuan yang lebih kuat untuk memberdayakan petani dan pengrajin sutra eri,” terangnya.

Menurutnya, hal ini juga didukung dengan para mentor sebagai advisors yang sangat relevan dan kuat di bidangnya masing-masing bersama dengan pemerintah.

Melalui program PMB 2023 ini, BRI berharap dapat memberikan makna kepada Indonesia khususnya kepada pengusaha muda dalam upayanya membangkitkan perekonomian Indonesia.

Yuk, segera daftarkan bisnismu di microsite PMB 2023 https://pengusahamudabrilian.com/ dan selalu update informasi terbaru di Instagram PMB @pengusahamudabrilian.***

Berita Terkait

Dukung Target Pemerintah, ID FOOD Siapkan Peta Jalan Wujudkan Swasembada Gula Nasional Tahun 2030
Bank DKI Kolaborasi dengan Fidac Inovasi Teknologi Hadirkan Kredit Konsumer untuk ASN di Seluruh Indonesia
PT Rig Tenders Indonesia Tbk Laporkan Kinerja Positif dengan Laba Rp62,51 Miliar
KABAR BAIK UNTUK EMITEN: Publikasi Press Release Serentak di 10 Portal Berita Ekonomi Bisnis Hanya Rp3 Juta
KPR BRI Tawarkan Bunga Menarik dan Bebas Ribet
Mudah & Suku Bunga Kompetitif, 10 Menit Ajukan Pinjaman dengan BRI Ceria
BRI Imbau Nasabah Lakukan Aktivasi NIK Jadi NPWP Sebelum 31 Desember 2023
Sustainability Loan Capai Rp710 Triliun, Pengamat Sebut BRI Makin Kokoh Sebagai Market Leader ESG
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Senin, 8 April 2024 - 11:23 WIB

Berikut Ini Penjelasan Resmi Pihak Bank Indonesia Terkait Soal Uang Pecahan 1.0 yang Viral di Medsos

Sabtu, 6 April 2024 - 15:20 WIB

Harian Indonesia Group Terbitkan Harianinvestor.com, Portal Berita Khusus Seputar Keuangan dan Pasar Modal

Rabu, 3 April 2024 - 09:57 WIB

Beli Gabah Petani Rp6.000 per Kg, Badan Pangan Nasional Bererlakukan Fleksibilitas Perum Bulog

Senin, 1 April 2024 - 22:59 WIB

CSA Index Ungkap Prospek IHSG dan Kinerja Emiten di Bulan April 2024

Sabtu, 23 Maret 2024 - 08:25 WIB

Prediksi Bank Indonesia, Perekonomian Indonesia 2024 akan Tumbuh pada Kisaran 4,7-5,5 Persen

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:26 WIB

Unggul Dalam Inovasi, Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Retail Banker International Asia Trailblazer Awards 2024

Sabtu, 16 Maret 2024 - 11:18 WIB

Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagi Hadiah Mobil dan Emas

Jumat, 15 Maret 2024 - 15:46 WIB

Satgas Pangan Polri Sebut Telah Terjadi Peningkatan Permintaan Beberapa Komoditi pada Bulan Ramadhan

Berita Terbaru